Detik-Detik Saat Rasulullah wafat..semoga kita dpt mengambil Hikmahnya

Sabtu, 02 Januari 2010

Cara Membuat Dadu

BAGIAN 1

1.Buka atau reset 3dsmax Anda. Pergi ke Command Panel. Pilih Extended Primitives dari daftar drop-down.Klik tombol ChamferBox. Kemudian, klik dan drag pada viewport untuk menciptakan ChamferBox. Selanjutnya, buka tab Modify dan masukkan nilai dalam gambar di bawah ini. Setelah selesai, Anda akan mendapatkan bentuk dasar dari sebuah dadu.

2.Right klik ChamferBox dan pilih Convert to> Convert to Editable Poly.Pada tab Modify, aktifkan Polygon seleksi.Pilih 4 poligon di salah satu sisi ChamferBox (tahan tombol Ctrl sambil mengklik untuk memilih lebih dari satu poligon). Setelah itu, dalam peluncuran Poligon Edit klik tombol Settings di sebelah kanan Inset. Dalam Poligon Inset kotak dialog, masukkan Inset Jumlah = 3. Jangan membatalkan pilihan apa-apa. Kali ini, klik tombol Settings di sebelah kanan Extrude. Pada kotak dialog Extrude Poligon, masukkan Tinggi Extrusion =- 2.

3. Selanjutnya, pilih 2 poligon di tengah.Gunakan nilai yang sama Inset dan Extrude. Setelah selesai, Anda akan mendapatkan 6-putus-putus di salah satu sisi dadu.

4. Menggunakan prosedur yang sama, berlaku Inset dan Extrude ke semua sisi dadu. Tips: Setelah dadu yang nyata di depan Anda akan sangat membantu. Anda dapat dengan mudah mengetahui berapa banyak titik-titik yang diperlukan dalam setiap sisi. Jika Anda tidak memiliki asli, Anda bisa melihat pada gambar di bawah ini.

5.. Selanjutnya, pilih semua diekstrusi poligon di semua sisi. Ada 21 poligon Anda perlu memilih. Seperti biasa, tahan tombol Ctrl sambil mengklik untuk memilih lebih dari satu poligon. Pada rollout Selection, klik Grow untuk menambah lebih banyak pilihan. . Kemudian, pada rollout Polygon Properties Set masukkan ID = 2. By default, other polygons have ID=1. Secara default, poligon lain memiliki ID = 1. Setelah selesai, matikan Polygon seleksi.

6. Dalam langkah ini, kita akan menambahkan materi. Buka Material Editor (tekan "M" di keyboard). Secara default, salah satu bahan yang tidak terpakai slot sampel yang dipilih. Nama bahan ini "dadu". Klik tombol Standar untuk mengubah jenis bahan. Dalam Material / Peta browser klik ganda Multi / Sub-Obyek. Dalam kotak dialog terbuka, cukup klik OK. Dalam Multi / Sub-Obyek Dasar rollout Parameter klik Set Number, masukkan 2 dan klik OK. Anda hanya perlu 2 sub materi. Klik tombol di bawah Sub-Material (di mana ID = 1). Nama sub-materi "putih" dan berubah warna menjadi putih difus. Klik tombol Go to Parent kembali ke Multi / Sub-Obyek Dasar Parameter rollout. Menggunakan prosedur yang sama, perubahan sub-bahan lain nama di mana ID = 2 untuk "merah". Use red Diffuse color. Gunakan baur warna merah. Akhirnya, klik dan tarik dari sampel slot untuk dadu objek dalam viewport untuk appy materi. *Warna bebas..tetapi karena dadu standar berwarna merah/putih maka sy membuay dengan warna merah putih.

7. 7. To finish this tutorial section, apply Turbosmooth modifier to dice object. Untuk menyelesaikan bagian tutorial ini, menerapkan pengubah ke dadu Turbosmooth objek. Use Iterations value=2.. Iterasi menggunakan nilai = 2 ..

8. 8. Image below shows rendered dice. Gambar di bawah ini menunjukkan dadu yang diberikan. Next, you will animate the dice. Berikutnya, Anda akan bernyawa dadu.

BAGIAN 2
1.Pertama, ciptakan sebuah kotak dalam Top viewport. Anda akan menggunakan kotak ini sebagai tanah / permukaan. Sebagai contoh saya gunakan untuk kotak dimensi 500x500x10. Anda dapat memberi nama kotak ini sebagai "tanah".Posisi jauh di bawah kotak dadu.

2.Sebelum Anda menggunakan reaktor, Anda perlu menyesuaikan properti obyek pertama. Pilih dadu objek.Dari menu paling atas pilih reaktor> Buka Properti Editor. Rigid Body Properties window akan terbuka. Secara default setiap objek memiliki Mass = 0. Ubah Mass = 10. Untuk objek lain (box), biarkan Mass = 0, karena kita ingin objek ini menjadi statis. Anda akan memahami lebih baik ini nanti.

3. Perhatikan bahwa objek dadu masih dipilih.Selanjutnya, klik ikon Rigid Body Collection (atau dari menu Top reaktor> Buat Obyek> Rigid Body Collection). Rigid Body Collection secara otomatis dibuat dalam viewport. Anda dapat memindahkannya ke tempat mana pun. G Buka tab Modify. Karena objek dadu dipilih saat Anda membuat Rigid Body Collection, dadu obyek terdaftar sebagai Rigid Body. You also need to add ground object (box) as Rigid Body. Anda juga perlu menambahkan objek tanah (kotak) sebagai Rigid Body. Gunakan tombol Pilih atau Tambah ke kotak daftar sebagai Rigid Body.

Rigid bodies adalah blok bangunan dasar simulasi reaktor. Kami menggunakan Rigid bodies karena tanah dadu dan tidak berubah bentuknya. Kemudian, dalam reaktor Anda dapat mensimulasikan massa, gesekan, atau apakah tubuh dapat bertabrakan dengan tubuh kaku

4. . Ini adalah bagian yang menyenangkan. Dari Top Menu, pilih reaktor> Preview Animasi.Sebuah jendela akan terbuka. Secara default, reaktor pratinjau mengambil pandangan perspektif. Klik dan tarik di dalam jendela ini untuk memutar tampilan. Kemudian, pilih Simulasi> Play / Pause. Anda akan melihat objek dadu (Mass = 10) jatuh ke tanah. Tapi, tanah objek (box) tidak bergerak (mass = 0). itulah kegunaan Mass.

5. Prevew Tutup jendela. Dadu memutar objek dalam viewport dalam setiap arah yang Anda inginkan. Buka jendela pratinjau reaktor lagi. Bermain simulasi dan menonton animasi lebih realistis.

6. Bagaimana kalau lebih dari satu dadu? Cukup pilih dadu objek dan Shift + drag untuk membuat kloning dadu. Anda dapat membuat sebanyak yang Anda inginkan. Juga posisi dan memutar semua objek dalam cara apapun yang Anda inginkan. Setelah itu, pilih Rigid Body Collection ikon. Buka tab Modify. Klik tombol Add dan membuat semua benda kloning sebagai Rigid body. Kemudian preview animasi.

7.Sekarang, animasi hanya tersedia dalam jendela pratinjau. Close preview window. Dalam Top menu pilih reaktor> Buat Animasi. Dalam kotak dialog terbuka, cukup klik OK. Rigid Body animasi sekarang ditransfer sebagai keyframe oleh keyframe animasi. Oleh karena itu Anda dapat membuat animasi Anda seperti biasa.Di bawah ini adalah contoh yang diberikan animasi yang saya buat sendiri..



video

2 komentar:

  1. dimanakah mencari reset 3dsmax di kumputer ku????????????????????

    BalasHapus
  2. reset dalam hal ini sama dengan membuka workflow baru.. ^_^

    BalasHapus

Pilihan-Ku-Selamanya..Semoga menjadi Partai yang Bersih Peduli Professional..

Untuk yang belum kenal dengannya silahkan donload video di bawah ini: Video Profile PKS(2004)